Daging Impor Asal Brasil

Posted On December 15, 2010

Filed under tulisan

Comments Dropped leave a response

DAGING IMPOR

Akan Masuknya 1000 ton Daging Sapi Brasil

 

Sesuai dengan keputusan menteri Pertanian No. 3026/2009 tentang Persetujuan Pemasukan Daging Tanpa Tulang dari Brasil ke dalam wilayah Negara Kesatuan republic Indonesia (NKRI) resmi dikeluarkan apada 11 Agustus 2009. Di dalamnya dicantumkan 5 unit usaha/rumah potong hewan (RPH) di Brasil yang mendapat persetujuan untuk mengekspor daging sapi ke Indonesia.

Menurut Turni Rusli Syamsuri, Direktur Kesmavet, Ditjen Peternakan, merinci kelima untui usaha tersebut adalah Maraba di negara bagian Para Norzalandia di negara bagian Goias, Campo Grande di negara bagian Mata Grosso de Sul, Andradina di negara bagian Sao Paulo dan Vilbrena di negara bagian Rondonia. Melalui lima pintu inilah importir daging dari Brasil memasukkan prosuk ke Indonesia.

1000 ton

Berdasarkan informasi yang didapatkan oleh Agrina, memang sudah ada pelaku usaha local yang mengajukan diri untuk mengimpor daging sapi dari Brasil. Di Indonesia, perusahaan afilasi dari gabungan koperasi terbesar mengajukan impor sebanyak 1000 ton daging. Jumlah ii sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dinas terkait di Pemda DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan daging di hari raya Idul Firti 2009

Turni mengakui, memang ada permintaan tersebut, tapi belum ada surat izin yang dikeluarkan. Sementara itu, Thomas Sembiring, Ketua Umum Asosiasi Importir Daging Indonesia (Aspidi) prihatin atas keluarnya Kepmentan yang tidak pernah disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan.

Thomas menambahkan, daging sapi Brasil dikatakan 1/3 lebih murah dibandingkan dengan Australia dan Selandia Baru adalah kebohongan publik. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa RPH di Brasil sudah mendapatkan persetujuan dari Majelis Ulama Inonesia (MUI) menyangkut kehalalan dan juga dari Tim Analisis Risiko Independen (TARI) tidak pernah terungkap di publik. Menurut Thomas, keluarnya Kepmentan ini hanya akan menghambat swasembada daging yang dicanangkan 2014. Padahal sebelum ada Kepmentan tersebut, Program swasembada daging didukung dengan ditandatanganinya Permenkeu 131/PMK 05/2005 tentang program Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) untuk pengadaan 1 juta ekor bibit sapi.

Bantahan Turni mengungkapkan bahwa dengan adanya daging import Brasil ini akan menstabilkan harga daging dalam negeri dan tidak menghambat swasembada daging 2014. Oleh karena itu, dengan terbukanya pintu impor, harga jual daging ekpor-impor dapat ditekan sehingga dapat lebih terjangkau bagi konsumen. (Yan Suhendar)

 

Sumber: AGRINA Tabloid, 30 September 2009

 

 

Telah ditulis ulang oleh:

Nama  : CANDY GLORIA

NPM    : 21210516

Kelas   : 1 EB 07

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s