GLOBALISASI EKONOMI

Posted On October 22, 2011

Filed under TEORI EKONOMI 1 - SMAK 04-3

Comments Dropped leave a response

APA ITU GLOBALISASI?

Globalisasi berasal dari kata “Globe” yang artinya menyeluruh. Globalisasi perekonomian adalah  proses keseluruhan kegiatan ekonomi  dan perdagangan , sifatnya global dan tanpa batas antar negara-negara di seluruh dunia yangh membentuk satu kekuatanpasar. Di satu sisi, globalisasi perekonomian akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke kancah internasional secara lebih kompeten, namun juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar lokal (domestik).

Dampak Globalisasi

Dampak negatif

Kerugian globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut:

Tenaga kerja, uang, dan sumber daya alam dalam pasar kapitalisme  dianggap  sebagai komoditas yang hanya diperjual belikan. Penawaran dan permintaan dari tenaga kerja, uang, dan sumber daya akan menentukan harga di pasaran. Oleh karena itu, dampak yang terjadi adalah krisis finansial.

Terhambatnya pertumbuhan industri

Salah satu efek dari globalisasi adalah perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas sehingga menyebabkan negara-negara berkembang tidak dapat lagi menggunakan tarif yang tinggi untuk memberikan proteksi kepada industri yang baru berkembang (infant industry). Dengan demikian, globalisasi juga menimbulkan hambatan kepada negara berkembang untuk memajukan sektor industri domestik yang lebih cepat. Selain itu, ketergantungan kepada industri-industri yang dimiliki perusahaan multinasional semakin meningkat.

Memperburuk neraca pembayaran

Globalisasi cenderung menaikkan barang-barang impor. Namun, jika  negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak berkembang. Jadi sebenarnya hal ini cukup berisiko. Keadaan ini dapat memperburuk kondisi neraca pembayaran. dan juga berefek terhadap neraca pembayaran adalah pembayaran neto pendapatan faktor produksi dari luar negeri cenderung mengalami defisit. Investasi asing yang bertambah banyak menyebabkan aliran pembayaran keuntungan (pendapatan) investasi ke luar negeri semakin meningkat. Tidak berkembangnya ekspor dapat berakibat buruk terhadap neraca pembayaran.

Sektor keuangan semakin tidak stabil

Salah satu efek penting dari globalisasi adalah pengaliran investasi (modal) yang semakin besar. Investasi inimeliputi partisipasi dana luar negeri ke pasar saham. dalam keadaan  pasar saham sedang meningkat, dana akan mengalir masuk, neraca pembayaran bertambah bak dan nilai uang akan bertambah baik. Sebaliknya, jika harga-harga saham di pasar saham menurun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung menjadi bertambah buruk dan nilai mata uang domestik pasti akan merosot. Kondisi yang tidak stabil di sektor keuangan dapat berakibat buruk kepada kestabilan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Dalam jangka pendek pertumbuhan ekonomi akan  menjadi tidak stabil., sedangkan dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi laju pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan tumbuh semakin lambat , begitu juga dengan masalah pengangguran yang semakin tidak dapat diatasi alias  memburuk. Pada akhirnya, apabila globalisasi menimbulkan efek buruk kepada prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang suatu negara, distribusi pendapatan menjadi semakin tidak adil (timpang) dan tentunya menimbulkan masalah sosial-ekonomi.

 

Dampak positif

Keuntungan  globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut:

Globalisasi memang tengah menjadi bagian dari proses perubahan sosial sehingga tentunya akan berdampak positif bagi pemilik modal dan seseorang yang memiliki daya kompetensi untuk bersaing.  Dengan terciptanya globalisasi, informasi dan ilmu pengetahuan, juga lebih mudah untuk diakses dan peningkatan kualitas dapat semakin membaik.

Produksi global dapat ditingkatkan

Melalui spesialisasi dan perdagangan faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan dengan lebih efesien, output akan bertambah dan masyarakat dapat memperoleh laba dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang meningkat.

Meningkatkan kesejahteraan  suatu negara

Perdagangan yang lebih bebas memberikan peluang bagi masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri sehingga  konsumen mempunyai pilihan barang yang lebih banyak. dari segi ini,  konsumen juga dapat menikmati barang yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah.

Menjangkau pasar

Perdagangan luar negeri yang lebih bebas dan borderless sangat memungkinkan untuk tiap negara menjangkau pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.

Lebih banyak memperoleh modal dan teknologi

Modal akan lebih banyak didapat dan diperoleh dari investasi asing sehingga pengembangan produk juga dapat ditingkatkan, output semakin baik. Pembangunan sektor industri bukan hanya dikembangkan oleh perusahaan asing, tetapi melalui investasi yang dilakukan oleh perusahaan domestik. Perusahaan domestik biasanya memerlukan modal dari Bank atau Pasar saham. Jadi, dana dari luar negeri terutama dari negara-negara maju yang memasuki pasar uang dan pasar modal di dalam negeri akan sangat membantu dalam penyediaan modal yang dibutuhkan tersebut.

 

REFERENSI

http:// http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

http:// http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Globalisasi&action=edit

 

IDENTITAS

Nama                            : CANDY GLORIA

NPM                    : 21210516

Kelas                    : SMAK 04-3

Mata Kuliah        : TEORI EKONOMI 1*

Tugas                   : TUGAS 4

                               MAKALAH GLOBALISASI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s