MARJINAL UTILITY

Posted On January 26, 2012

Filed under TEORI EKONOMI 2

Comments Dropped leave a response

Teori nilai guna (utility) merupakan suatu teori ekonomi yang berbicara tentang kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh seseorang dari tindak konsumsi yang dilakukannya. Saat kepuasan tersebut semakin tinggi maka semakin tinggi juga nilai gunanya dan sebaliknya. Seperti yang kita ketahui, bahwa nilai guna  dibedakan atas 2, yaitu:

  • Marginal utility (kepuasan marginal)

à  Pertambahan kepuasan karena adanya pertambahan penggunaan satu unit barang tertentu da;lam upaya pemenuhan kebutuhan. Biasanya dikenal dengan MU.

  • Total utility (total utility)

à Keseluruhan kepuasan yang diperoleh dari tindak konsumsi yang dilakukan terhadap sejumlah barang-barang tertentu. Biasanya dikenal dengan TU.

Hukum marginal utility yang semakin menurun / Law of Diminishing Marginal Utility: “Jika tambahan nilai guna (MU) yang didapatkan dari konsumsi seseorang akan suatu barang secara berkala menjadi semakin menurun apabila orang tersebut terus menerus menambah konsumsinya yang mana akhirnya tambahan nilai guna (MU) tersebut akan memiliki slope negatif.”

Jika dijelaskan secara empiris, saya akan menjelaskannya dengan contoh cerita. Misalkan di siang yang panas terik setelah usai bermain bola Tono merasa sangat haus. Tono pun memiliki kebutuhan untuk membeli minuman ringan. Botol pertama berhasil diteguk Tono sampai habis, karena merasa masih haus Tono menambah 1 botol lagi. Sama dengan botol pertama, botol kedua ni juga habis. Oleh karena, siang itu terik sekali dan Tono masih haus usai bermain bola, ia pun menambah botol ketiga dan meminumnya sampai habis. Setelah meneguk ketiga botol minuman ringan Tono merasa hausnya sudah teratasi yang berarti bahwa kepuasan maksimal telah dicapai karena pada saat Tono menambah konsumsinya di botol kedua dan ketiga, ia mendapatkan tambahan kepuasan yang kita sebut dengan marjinal utility.

Jika, Tono menambah konsumsinya dengan meminum botol keempat maka yang akan terjadi ada adalah kepuasan Tono akan menurun, dan jika ia terus menambah minumannya, lama-lama kepuasan Tono akan mengalami penurunan terus bahkan sampai berslope negativ (hukum law diminishing of return). Hal ini dapat dilihat dalam kurva di bawah ini:

 

REFERENSI

http://ramaalessandro2.multiply.com/journal/item/2?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s