UJIAN ANALISA JURNAL 1

Posted On March 1, 2012

Filed under TEORI EKONOMI 2

Comments Dropped leave a response

ANALISA JURNAL

TEORI EKONOMI

Impact of Domestic Resource Costs on the Competitiveness of Tunisian

Fresh Fruit and Vegetable Products Exports

 

Dampak Biaya Sumber Daya Lokal Terhadap

Kompetisi Ekspor Buah dan Sayur Segar di Tunisi

DISUSUN OLEH:

 

CANDY GLORIA                                         2121 0516

FEBRIANA PUSPITA SARI                       2221 0688

MCHAEL ALEXANDER                            2421 0380

 

Kelas: SMAK 04

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

ANALISA JURNAL

 

I

Judul

Impact of Domestic Resource Costs on the Competitiveness of Tunisian

Fresh Fruit and Vegetable Products Exports

 

Dampak Biaya Sumber Daya Lokal Terhadap

Kompetisi Ekspor Buah dan Sayur Segar di Tunisia

II

Pengarang

Boubaker DHEHIBI dan Aymen FRIJA

 

a.    Tahun

2009

 

b.    Tema

Natural Resources Management

 

Managemen Sumber Daya Alam

III

Latar Belakang Masalah

 

a.    Fenomena Dalam beberapa dekade terakhir, globalisasi membuat ekonomi dunia semakin mandiri, dan membuat hubungan komersial antara negara-negara di seluruh dunia menjadi sangat penting dan intensif. Akibatnya, saat ini model pertukaran (perdagangan) internasional diatur oleh seperangkat hukum dan perjanjian, yang sebagian besar dikelola oleh WTO (World Trade Organization).

Karena itu, pertanian kini menjadi salah satu sektor yang paling berpengaruh di era globalisasi. Hal ini terjadi karena negosiasi pertanian tentang hambatan perdagangan, serta konvensi bilateral dan multilateral adalah hal yang paling sulit dan membingungkan di dalam WTO (World Trade Organization).

Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini meneliti tingkat ekspor di bidang pertanian, khususnya di negara Tunisia agar mengetahui seberapa besar kemampuan negara tersebut dalam bersaing di pasar Internasional.

 

b.    Riset Terdahulu Penelitian ini menggunakan data yang dikutip dari ITC Calculations dan ITC Calculation yang didasarkan pada COMTRADE of UNSD, dan data yang diolah sendiri. Sehingga secara keseluruhan, penelitian ini juga menganalisis beberapa data yang telah diteliti sebelumnya.

 

c.     Metode Penelitian Motivasi atau tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami aspek-aspek penting yang mempengaruhi perdagangan suatu negara di kancah internasional, seperti efisiensi. Efisiensi ini dapat ditingkatkan, dengan cara menurunkan biaya total saat melakukan proses produksi. Penelitian ini juga berharap dapat memberikan pemahaman bahwa negara yang memiliki efisiensi dapat bersaing di pasar internasional, dalam konteks ini, negara tersebut adalah Tunisia.

IV

Metodologi

 

a.    Data Data yang diperoleh dari jurnal ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari perhitungan secara langsung oleh penulis dengan menggunakan pedekatan Biaya Sumberdaya Domestik. Data sekunder diperoleh dari International Trade Centre (ITC), ITC merupakan gabungan lembaga Organisasi Perdagangan Dunia dan PBB yang memiliki peranan dalam, informasi perdagangan serta pengembangan produk dan pasar.

 

b.    Variabel Variabel yang digunakan dalam jurnal penelitian ini adalah biaya sumber daya domestik – ekspor buah dan sayuran segar.

 

c.     Metode penelitian Metode penelitian yang digunakan berupa pendekatan Biaya Sumberdaya Domestik (DRC). Biaya Sumberdaya domestic (DRC) diperoleh berdasarkan perbandingan antara biaya paluang dari sumberdaya domestik terhadap nilai tambah di perbatasan harga.

 

V

Hasil dan Analisis
  1. Produksi Buah dan Sayur Tunisia

Produksi buah dan sayur di Tunisia mengindikasikan bahwa minyak zaitun, jeruk, dan tomat adalah hasil tani yang paling strategis. Hal ini dikarenakan, hasil tani dapat berkompetisi dalam persaingan global. Pertanian buah menempati urutan yang signifikan di Tunisia dan memebrikan kontribusi yang cukup besar dalam pendapatn ekspor.

  1. Perdagangan Buah dan Sayur Tunisia

Tunisia tergolong dalam negara pengekpor tomat, tetapi angka produksinya memang sangat terbatas jika dibandingkan dengan kebutuhan nasional. Jumlah tomat yang dikonsumsi lokal selalu saja lebih besar daripada yang mampu diekspor.

  1. Studi Empiris Biaya Sumber Daya Lokal

Fakat dari kondisi pertanian Tunisia adalah data hasil panen dan harga yang diperoleh dari National Agronomic Institute sehingga digunakan sebagai dasar dari penetapan batas harga yang dilakukan oleh ITC (International Trade Cost).

  1. Hasil dan Analisis

Menurut data yang te;lah diperoleh, maka dapat diketahui bahwa, hasil tani yang paling kompetitif adalah minyak zaitun. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, minyak zaitun merupakan komoditas yang paling efisien. Bukan hanya itu, perhitungan DRC juga mengindikasikan bahwa minyak zaitun dapat berhasil bersaing dalam dunia ekspor. Inilah yang menjadi kunci efisiensi lokal.

Efisiensi terjadi karena peminimalisasian biaya kesempatan (opportunity cost). Berbeda dengan tomat yang kurang kompetitif terhadap perubahan yang ada namun ada perbaikan dari waktu ke waktu yang dapat dilihat dari naiknya hasil produksi, stabilitas harga jual, dan harga ekspor sehingga secara berkala tingkat harga tomat ada dalam kondisi yang baik.

VI

Penutup

 

a.    Kesimpulan Penelitian ini menganalisis struktur biaya di bidang ekspor pertanian di Tunisia dengan menggunakan DRC (Domestic Resource Cost) sebagai indikator. Setelah diteliti, dapat disimpulkan bahwa negara Tunisia memiliki keunggulan komparatif pertanian di sektor minyak zaitun (DRC>1). Sedangkan untuk hasil tani tomat dan jeruk tidak terlalu unggul, dan dinilai kurang kompetitif di pasar international karena nilai DRC kurang dari satu.

Walaupun demikian, sektor tomat terus mengalami perbaikan dari waktu ke waktu yang ditandai dengan meningkatnya jumlah output, dan faktor-faktor teknikal lainnya. Sedangkan untuk jeruk, ketersediaan sumber daya alam, terutama tanah kurang mendukung, sehingga tingkat kompetitifnya cenderung rendah.

 

b.    Rekomendasi Sebenarnya, tingkat hasil tani Tunisia sudah baik. Namun demikian, untuk komoditi tomat dan jeruk masih perlu ditingkatkan terutama di segi ekspor. Sedangkan untuk hasil tani minyak zaitun harus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar semakin mampu menguasai pasar global. Segi efisiensi juga perlu dioptimalkan, sehingga biaya produksi dapat diminimalisir dan terwujudlah profit yang maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s