…Lebih Global, Lebih Mendasar… [O][B][R][O][L][A][N] [T][E][N][T][A][N][G] [B][A][N][K]

Posted On March 29, 2012

Filed under Bank & Lembaga Keuangan

Comments Dropped leave a response

Di bumi ini yang katanya sempit, siapa sih yang belum tahu tentang Bank? Atau belum pernah ke Bank mungkin?

Waahh..pastinya semuanya kenal sama yang namanya “Bank”. Mulai dari kecil pasti sudah diajak sang bunda nabung ke Bank, atau pas jadi mahasiswa dan mau bayaran uang kuliah, pasti mesti kudu masuk ke Bank dan administrasi keuangannya diurus di lembaga yang satu ini. Tapi, apakah kita sudah kenal lebih dekat lagi tentang si Bank? Kenalan lebih lagi yuk.. Itung-itung silahturahmi deh..

Come on, guys !

***************************************************************************************************************************

  • PENGERTIAN

Seturut dengan Kitab Suci Perbankan alias Undang-Undang perbankan No.10 tahun 1998, bank adalah:

“badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman (kredit) atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.”

Jadi, singkatnya perbankan itu adalah segala sesuatu tentang bank, mulai dari kelembagaan, aktivitas/usaha, dan cara/proses dalam pelaksanaan kegiatan usahanya.

  • FUNGSI

Perbankan Indonesia memiliki fungsi utama, yaitu sebagai penghimpun dana dan penyalur dana masyarakat. Secara umum dikenal dengan konsep “tangan kanan-tangan kiri”. Maksudnya adalah tangan kanan bank mendapat dana dari himpunan masyarakat yang nabung selanjutnya disalurkan lagi oleh bank ke masyarakat dengan tangan kirinya. Timbal baliknya sama-sama disebut bunga. Perbedaannya cuma yang yang satu adalah bunga tabungan (Bank yang memberikan ke nasabah) dan bunga pinjaman (Nasabah yang harus membayarkannya ke pihak Bank).

Inti dari keseluruhan fungsi Bank adalah bagaimana caranya untuk memperoleh sumber dana dari surplus unit (pihak yang menabung di Bank) yang kemudian akan dialokasikan lagi ke defisit unit (pihak yang membutuhkan kucuran dana pinjaman). Aktivitas ini juga menjadi jantung perbankan yang disebut Asset and Liability Management. Oleh karena itu, Bank sering juga dikenal dengan sebutan financial intermediary (perantara keuangan).

  • JENIS

Berbicara tentang jenisnya, Bank terbagi atas Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Penjelasannya digambarkan di tabel ini:

Bank Umum

Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Bank yang kegiatan dan aktivitas usahanya secara konvensional atau dengan prinsip syariah dan memberikan layanan untuk lalu lintas pembayaran.

Bank ini harus memiliki modal minimal 100 miliar sebelum 2010 akhir.

Bank yang kegiatan dan aktivitas usahanya secara konvensional atau dengan prinsip syariah tapi tidak memberikan layanan untuk lalu lintas pembayaran.

 

  • SUMBER DANA BANK

Bank memperoleh dana dari tabungan masyarakat yang disimpan dalam ebberapa bentuk. Dana simpanan ini menjadi sumber dana terbesar yang dimiliki Bank untuk melakukan aktivitas keuangannya. Tabungan nasabah tersebut terbagi atas:

Giro

Simpanan yang bisa ditarik kapan saja dengan cek, bilyet giro, atau dengan validasi (pemindahbukuan).

Deposito

Simpanan yang bisa ditarik pada satu waktu tertentu jika telah ada perjanjian antara nasabah penyimpan dengan pihak Bank.

Sertifikat Deposito

Simpanan deposito dengan bukti sertifikat yang bisa dipindahtangankan.

Tabungan

Simpanan yang bisa ditarik dengan kesepakatan saja, tidak dapat ditarik dengan cek dan bilyet giro.

Selain dari himpunan dana masyarakat tersebut Bank juga dapat memperoleh dana dari aktivitas perdagangan surat berharga, seperti yang ada di pasar modal dan pasar uang.

 

  • ALOKASI DANA BANK

Kembali lagi ke Kitab Suci Perbankan, menurut Peraturan Bank Indonesia No: 7/2/PBI/2005 tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum, yang dimaksud dengan aktiva produktif adalah penyediaan dana Bank untuk memperoleh penghasilan dalam bentk kredit, surat berharga,, penempatan dana antar Bank, tagihan akseptasi, tagihan atas surat berharga yang dibeli dengan perjanjian dijual kembali, tagihan derivatif, penyertaan, transaksi rekening administrasi dan penyediaan dana lainnya. Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No: 7/2/PBI/2005, Aktiva produktif dikelompokan menjadi empat, yaitu:

  1. Kredit: penyediaan uang atas dasar kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain dan melunasi pinjamannya sampai kurun waktu tertentu dengan pembayaran bunga.
  2. Surat berharga : Surat pengakuan atas hutang, wesel, obligasi, sekuritas kredit, derivatif, dan kewajiban penerbit yang bisa diperdagangkan dalam pasar modal atau pasar uang.
  3. Penempatan dana : penanaman dana Bank pada bank lainnya, biasa dalam bentuk giro, depostio berjangka, sertifikat deposito, dan sebagainya.
  4. Penyertaan modal : penanaman dana Bank dalam saham seperti dalam Undang-undang yang berlaku seperti perusahaan asuransi, modal ventura, penanaman dalam bentuk surat konvertibel.

 

  • PRODUK PERBANKAN

Bagi individu atau kelompok, Bank merupakan cash management untuk mengelola keuangannya. Oleh karena itu, Bank meluncurkan beberapa produk yang dapat digunakan untuk memberikan jasa pengiriman uang lokal, nasional, dan internasional. Bank juga memperoleh komis (fee) dari tiap-tiap layanan tersebut, tapi tidak sitentukan oleh tingkat suku bunga atau sering disebut dengan fee based income. Berikut adalah contoh dari produk layanan Bank:

Layanan e-banking

Automated teller Machine (ATM)

Di Indonesia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. Mesin ini berbentuk seperti komputer yang bisa digunakan untuk melakukan penarikan tunai, transfer, penyetoran, dan cek saldo. Mesin ini disediakan oleh Bank.

Computer Banking

Nasabah bisa mengakses layanan ini lewat koneksi internet untuk menerima atau membayar tagihan.

Electronic Bill Presentment & Payment (EBPP)

Pembayaran tagihan yang disampaikan Bank ke nasabah melalui media online seperti e-mail. Nasabah juga bisa melakukan pembayran atas tagihannya via online.

Electronic Check Conversion

Mendukung proses transfer online untuk konversi info yang ada di cek, seperti no.rekening, jumlah nominal, dan sebagainya.

Electronic Fund Transfer

Layanan transfer uang atau pinjaman dari satu rekening ke rekening lainnya dengan media elektronik.

Direct Payment

Pembayaran yang memungkinkan nasabah untuk membayar via transfer dana elektronik dari nasabah ke kreditor. Nasabah harus menginisiasi tiap transaksi.

Direct Deposit

Pembayaran suatu intituisi seperti membayar gaji karyawan via transfer elektronik ke rekening nasabah.

Preauthirized Debit

Pembayarannya akan rutin secara otomatis, sehingga Bank langsung akan mendebit sejumlah uang dari rekening nasabah.

Debit Card

Kartu yang digunakan di mesin ATM dan dapat digunakan nasabah untuk mendebit dana dari rekeningnya.

Payroll Card

Kartu pengganti cek yang biasa dimiliki oleh perusahaan yang dpaat juga digunakan oleh si karyawan.

Prepaid Card

Kartu yang memiliki nilai moneter karena sudah ditanamkan dana oleh nasabah, contoh kartu flash.

Smart Card

Kartu dengan chips khusus yang tertanam nilai moneter di dalamnya. Dapat menyimpn data pribadi, validasi PIN, contohnya kartu CoMet (e-ticketing kereta listrik).

Store-value Card

Kartu dengan simpanan sejumlah nilai moneter yang terbagi atas single purpose (kartu telpon), limited purpose, dan multipurpose (MasterCard, Visa).

Itulah cerita dan obrolan tentang Bank. Semoga Bank-Bank di Indonesia dapat memberikan pelayanan dengan lebih baik  sehingga masyarakat lebih tertarik lagi untuk menabung seperti syair lagu “… bang bing bung, yok kita menabung.. tahu-tahu kita pasti dapet untung..” Tingkatkan terus saldo tabungan anda !

 

By      : Candy Gloria (2121 0516_SMAK04_FE Gunadarma)

 

REFERENSI:

Margianti, E S; Hermana, Budi. Manajemen Dana Bank Prinsip dan regulasi di Indonesia/Sumber Penggunaan Dana Bank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s